Sabtu, 06 September 2008

Cara membuat puisi agar bisa dimengerti isi dan maknanya

DENGAN PUISI,AKU
(KARYA TAUFIQ ISMAIL)

Dengan puisi,aku bernyanyi
Sampai senja umurku nanti.
Dengan puisi,aku bercinta
Berbatas cakcrawala.
Dengan puisi,aku mengenang
Keabadian yang akan datang.
Dengan puisi,aku menangis
Jarum waktu bila kejam mengiris.
Dengan puisi,aku mengutuk
Nafas zaman yang busuk.
Dengan puisi,aku berdoa
Perkenankanlah kiranya.


Parafrase:

Dengan puisi aku bisa bernyanyi sampai akhir hayatku.Denga puisi aku bisa merasakan rasa jatuh cinta atau dicintai oleh orang tanpa batas.Dengan puisi aku bisa mengenang keabadian yang akan datang.Dengan puisi aku bisa menangis bila hatiku sedang terluka.Dengan puisi aku bisa mengutuk zaman yang jelek modenya.Dengan puisi aku bisa berdoa mudah mudahan bisa diterima oleh allah.


Narasi:

Dengan puisi kita bisa mengekspresikan suasana hati kita baik itu senang atau pun sedih.Misalnya kita lagi sedih trus kita mau curhat tapi dalam bentuk puisi atau lagi senang juaga bisa aja kayak gitu.Bisa juga kita bikin lagu dalam bentuk puisi.Jadi puisi itu bermanfaat banget buat menjadikan diri kita lebih kreatif lagi.Asal kalian tau ya puisi ini itu lagu lo yang dinyanyiin sama TRIO BIMBO.


Kata sulit:

*Bercinta = jatuh cinta
*Jarum waktu bila kejam mengiris = hatinya sedang hancur atau terluka
*Berbatas cakcrawala = tanpa batas atau tiada batasnya

Arti setiap baris:

Dengan puisi aku bisa bernyanyi
Sampai akhir hayat (meninggal)
Dengan puisi aku bisa merasakan cinta
Tanpa batas
Dengan puisi aku bisa mengenang
Kejadian yang berkesan di masa yang akan dating
Dengan puisi aku bisa menangis
Karena hatiku sedang hancur dan terluka
Dengan puisi aku bisa mengutuk
Zaman yang kurang bagus modenya
Dengan puisi aku bisa berdoa
Mudah mudahan allah menerimanya

Pesan pengarang:

Puisi bisa digunakan untuk apa saja.Bisa buat bernyanyi.menangis,berdo’a,dan lain lain.Puisi bisa digunakan juga untuk mengekspresikan hati kita.