Sabtu, 06 September 2008

Buku Harian

Buku harian :
-Buku yang digunakan untuk mencatat berbagai kegiatan yang dilakukan setiap hari.Yang ditulis dalam buku harian adalah kejadian atau peristiwa yang dialami dan dianggap penting pada hari tersebut.Buku harian bersifat pribadi maka buku harian sering disebut buku pribadi.Buku pribadi/buku harian bersifat rahasia dan tertutup artinya orang lain tidak boleh membaca atau melihat-lihatisi buku tersebut tanpa seizin dari pemilik buku tersebut.

-Menulis buku harian bisa meningkatkan keterampilan dalam menulis.Menulis buku harian juga bisa meningkatkan keterampilan dalam mengungkapkan perasaan,pengalaman,dan pemikiran dalam menulis.

-Menulis tewrdiri dari beberapa bagian:

*Tanggal
Bagian tanggal digunakan untuk mencatat kapan peristiwa itu terjadi

*Waktu
Waktu digunakan untuk mencatat kapan berlangsungnya suatu peristiwa.Dalam waktu,Dituliskan pukul berapa.

*Peristiwa
Bagian peristiwa dipergunakan untuk menulis atau mendeskripsikan kegiatan yang akan dilaksanakan atau peristiwa yang dialami secara rinci dan berurutan.Dalam menggambarkan peristiwa agar mampu mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya.

-Buku harian juga perlu dihias agar terlihat lebih menarik dan tidak terlihat membosankan.Menulis buku harian juga bisa menggunakan bahasa sehari hari,ceritanya kronologis,dan ekspresif.

Tidak ada komentar: